Kamis, 01 Juni 2017

Lowongan Kerja Teknik Sipil 2017


Lowongan Kerja Teknik Sipil 2017

Lowongan Kerja Teknik Sipil 2017 - Skill di sini ditujukan yaitu ketrampilan, sedang ketrampilan yaitu kekuatan ketrampilan kita yang telah umum kita kuasai, hingga kita miliki ketrampilan spesial di bagian spesifik dalam pengetahuan tehnik sipil. Tulisan ini mempunyai tujuan untuk memberi sedikit deskripsi pada mahasiswa tehnik sipil yang tengah membuat skripsi untuk menyiapkan kekuatan saat bekerja atau untuk sarjana tehnik sipil yang baru lulus (Fresh Graduate). Mungkin saja ada banyak skill yang lain, namun yang kami katakan berikut ini yaitu beberapa basic untuk mahasiswa tehnik sipil buat persiapan untuk bekerja di pembangunan proyek. 

Lowongan Kerja Teknik Sipil 2017 


1. Pengetahuan Gambar 
Pengetahuan gambar yaitu satu diantara mata kuliah utama yang bakal dipakai dalam dunia kerja, baik dalam membaca gambar, mengkalkulasi gambar atau bikin gambar bangunan, oleh karenanya, pengetahuan ini yang awal kali kami sebut, selemah-lemahnya sarjana tehnik sipil yang baru lulus, bila diterangkan permasalahan gambar kerja, minimum mereka bisa tahu, bersamaan denga belajar di lapangan mereka bakal punya kebiasaan dengan lambang, indeks, serta beberapa simbol gambar yang dipakai. 

Autocad yaitu satu diantara ketrampilan menggambar dengan memakai computer, pada saat saat aku kuliah, aku alami saat peralihan dari menggambar di atas meja gambar dengan rapido lalu pada th. 1996 berpindah menggambar memakai computer dengan program Autocad Release 14 waktu itu, perlahan-lahan serta tentu aku ikuti perubahan zaman, hingga saat ini aku menulis ini aku memakai Autocad 2010. 

Awalannya aku telah suka pada saat memakai Autocad Release 14 yang memakai perintah keyboard, ditulis dahulu baru nampak gambarnya, baik garis atau kotak, bersamaan perubahan autocad aku ikuti, sampai saat ini banyak perintah autocad telah terwakili dengan icon serta button toolbar autocad, namun berdasar pada pengalaman sepanjang aku menggambar, tambah baik memakai 2 tangan pada saat menggambar karna semakin lebih cepat akhirnya. 

Tangan kanan mengontrol mouse untuk mengarahkan garis-garis pada autocad, tangan kiri untuk mengetik perintah singkat yang ada pada autocad, misalnya : line bisa diwakili dengan mengetik huruf “L” saja, ditulisan selanjutnya aku bakal berikan bagaimana memakai ke-2 tangan kita, supaya cepat menggambar autocad. Sebenarnya kecepatan itu berdasar pada terbiasanya kita menggambar dengan memakai tehnik yang benar, tehnik dengan 2 tangan ini begitu efisien untuk menggambar, janganlah cuma memercayakan mengclik mouse pada toolbar autocad bisa di pastikan sistem menggambar kita bakal lama. 

Sepengetahuan aku tak ada mata kuliah di indonesia ini yang mengajarkan autocad atau mata kuliah autocad, yang ada mungkin saja “Ilmu Gambar”, dalam pengetahuan gambar ini bila dosen kita dapat autocad umumnya bakal diberikan panduan, namun bila beliau tidak dapat, sebaiknya kita janganlah putus harapan, mencari info sebanyak-banyaknya dari orang yang telah dapat, internet atau dari buku-buku tips yang di jual di toko buku. 

Satu diantara langkah aku membagikan pengetahuan yang aku kenali yaitu dengan menulis artikel-artikel pada situs (blog) aku ini, ikuti selalu artikel yang aku catat, aku bakal coba menguraikan langkah memakai autocad pada tulisan selanjutnya. Aku belajar autocad otodidak, tidak pelatihan pada siapa saja, modal yang aku punyai awal yaitu tahu “Ilmu Gambar” serta berupaya beli computer, serta tekad yang kuat untuk dapat. 

Sedang info yang aku peroleh yaitu dari buku-buku tips serta help dari autocad tersebut, perlahan-lahan serta tentu ikuti perubahan tehnologi software, aku masih tetap dapat kuasai versus paling baru dari autocad, dasarnya kuasai saja autocad versus berapapun, karna selebihnya cuma menambahkan perintah yang memudahkan kita menggambar. 


2. Pengetahuan Bahan Bangunan 
Mahasiswa tehnik sipil pasti mengetahui pengetahuan bahan banguna yang banyak membahasa Mix Design bahan bangunan, baik dari kerikil, semen, pasir hingga kita mengetahu langkah pengetesan satu bahan bangunan telah masuk standard hitungan kita terlebih dulu atau belum. 

Pengetahuan bahan bangunan yang kita tekuni di kuliah begitu dibutuhkan saat kita cobalah kerja di pengolah semen untuk pengecoran atau dibutuhkan di laboratorium pabrik pembuat beton pre cast, beton bikin yang di proses terlebih dulu di pabrik. Mix design komposisi bahan bangunan begitu butuh kita kenali, supaya mutu beton precast, seperti tiang pancang, penuhi hitunga civil engineering. 

Pada saat kita lakukan pengawasan dilapangan saat bakal mengecor memakai semen ready mix dari benching plant kita mesti tahu slump, kandungan garam, lumpur atau kuat tekan beton yang kita minta, kita dapat lakukan uji slump di lapangan sebelumnya semen ready mix dipakai di lapangan untuk pengecoran. 

Jadi apa pun mata kuliah di tehnik sipil, sedikit banyak mahasiswa tehnik sipil mesti tahu, baik mengenai langkah pengetesan CBR satu tanah hingga pengetesan kuat tekan beton, bagian pekerjaan tehnik sipil bukan sekedar saat satu proyek di kerjakan pembangunannya, namun dari pembuataan bahan material pengetahuan tehnik sipil telah turut dan, misalnya yaitu saat kita mendisain susunan rangka baja, dari penentuan tidak tipis serta mutu plat sebelumnya di buat jadi batang baja atau column baja pada sistem fabrikasi hingga pemasangan rangka baja itu untuk bangun ware house atau pabrik, tehnik sipil telah mengaplikasikan ilmunya. 

Jadi janganlah lemah semangat pada mahasiwa yang baru lulus, di tehnik sipil yang dibayar yaitu skill serta ketrampilan kita bukanlah Indeks Prestasi atau back ground kampus yang dinilai, bila perusahaan pilih berdasar pada IP atau Kampus, bermakna perusahaan itu tidak memprioritaskan skill serta ketrampilan kita, atau cuma menginginkan numpang ijazah untuk di menjadikan proposal tender, karna dari perguruan tinggi terkenal, terlebih IP kita tinggi, jadi hati-hatilah sebelumnya melamar, tentukan perusahaan yang mengutamkan skill serta ketrampilan, pengalaman bakal berkembang sesuai sama saat kerja kita. 


3. Program Hitungan Susunan Bangunan 
Seseorang sarjana tehnik sipil yang mengerti perhitungan manual susunan bangunan begitu dibutuhkan dalam rencana serta proses pembangunan, karna sedikit banyak prinsip-prinsip arah kemampuan bisa dipahami dalam susunan bangunan. 

Program untuk mengkalkulasi susunan bangunan yang kerap dipakai pada saat bekerja diantaranya SAP 2000, Stad Pro serta ada banyak yang lain, pastinya tak ada mata kuliah yang mengajarkan program ini, ada mungkin saja kita pelajari langkah mengkalkulasi manual. Dengan mempunya pengetauan langkah menghitungan manual kita bisa pelajari semuanya program itu. 

Basic untuk kuasai program SAP 2000 yaitu pengetahuan kalkulasi susunan baik susunan beton atau struk baja, sedikit banyak kita mesti tahu dengan cara manual langkah mengkalkulasi balok beton atau kolom beton, begitu halnya hitungan rangka baja, kita mesti mengerti langkah penyambungan rangka baja, berapakah banyak baut yang dibutuhan, apakah butuh diberi baut atau di las. Dengan basic itu kita lebih gampang menerapkannya dengan sap 2000. 

Ingat program sap 2000 yaitu memudahkan kita mengkalkulasi struktru bangunan baik bangunan beton atau baja, jadi prinsip-prinsip kemampuan susunan mesti kita mengerti, bila tidak input data kita bakal ngawur serta menyebabkan output hitungan sap 200 bakal nambah kacau lagi. Belajar dari yang lebih pengalaman atau mengerti dari artikel internet, janganlah ditelan bulat-bulat, perlahan-lahan serta tentu kamu tentu dapat. 


4. Mengkalkulasi Gagasan Biaya Cost (RAB) 
Teman dekat pembaca bila kita sebagai sarjana tehnik sipil miliki kekurangan mengkalkulasi susunan, janganlah cemas cobalah konsentrasi pada kekuatan mengkalkulasi RAB, yang pasti basic intinya yaitu, kita mampu membaca gambar, dengan gambar yang ada kita kalkulasi terlebih dulu volume pekerjaan serta volume material yang kita perlukan, hingga kita dapat mengkaji gaji tenaga kerja untuk melakukan rencaa dari gambar itu. 

Pengetahuan awal yang perlu kita kuasai dalam bikin RAB yaitu, MEMBACA GAMBAR, membaca gambar yang didapatkan owner, sesudah kita dapat membaca gambar itu, pasti kita dapat tahu volum pekerjaan nya, serta setelah itu dapat kita kalkulasi volume material yang kita perlukan, setela memperoleh ke dua volume itu, baru kita mengkaji kecepatan serta cost gaji kerja untuk melakukannya. 

Mengkalkulasi RAB ada yang memakai program, namun sepengalaman kami, program di buat berdasar pada gambar yang ada, bila gambar beralih pasti biayanya bakal tidak sama, bila gambar itu sama atau nyaris sama dapat kita kalkulasi dengan program, program itu bisa kita buat dari bhs program misalnya bhs program Dhelpi atau Visual basic. 

Seperti yang kami berikan, bila cuma mengkalkulasi volume material atau volume pekerjaan tidak berdasar pada gambar serta persoalan dilapangan, RAB cuma bakal satu kertas yang bakal ditukar terus-terusan sesuaikan proses, tidak seperti itu kita mengkalkulasi RAB, RAB yaitu patokan awal kita melakukan pekerjaan, sesudah memperoleh RAB kita harus juga dapat mengkalkulasi Gagasan Anggran Proses, yang pastinya mesti lebih kecil harga nya dari RAB itu. 

Kenapa dapat seperti itu, mengkalkulasi RAB penggunaan besi serta beton dihitung berdasar pada gambar awal yang didapatkan owner, yang pastinya ada hitungan begisting serta alat pendukung lain, seperti scaffolding serta lain-lainya, bila kita telah punya kebiasaan dilapangan, bakal begitu gampang mengkalkulasi RAP, karna pada saat melakukan kita dapat saja menghemata penggunaan scafolding dengan proses yang terartur, atau kita juga dapat menggunakan besi yang di RAB dihitung berdasar pada unit berat yakni kg atau ton, namun dalam proses kita mengkalkulasi dengan jumlah batang, yang pastinya dengan kekuatan dilapangan kita dapat menghemat pemasangan sesuai sama gambar proses. 

Ada banyak lagi yang lain, jadi keuntungan satu proyek mesti dapat dianalisis di RAB itu, janganlah memberi penawaran harga asal-asalan pada owner karna berdasar pada luas bangunan atau luas ruang yang di bangun, namun sebagai marketing proyek sedikit banyak mesti mengerti kesusahan di lapangan, aku bisa contohkan, supllai semen ready mix lebih gampang di jakarta dari pada di daerah, jadi janganlah samakan harga beton dengan harga jakarta, mesti ada penyesuaian, supaya saat RAP di buat, kita tidak kurangi item pekerjaan atau bahan material. 

Harga unit banguan permeter bisa sebagai referensi awal namun bukanlah sebagai patokan untuk memastikan cost pembangunan, tetaplah diliat tingkat kesusahan, baik dalam penyewaan alat berat atau pengiriman bahan material. 


5. Mengkalkulasi Gagasan Biaya Proses (RAP) 
Sarjana Tehnik Sipil sedikit banyak tahu langkah mengkalkulasi volume material, oleh karenanya saat RAB telah di peroleh, tinggal kekuatan kita mengkalkulasi lagi cost proses, karna RAB dihitung berdasar pada angka referensi, misalnya mengkalkulasi jumlah tenaga kerja yang dipekerjaan dalam proses proyek, rata-rata RAB merujuk pada standar yang ada, contoh dalam volume coran 20 m3 umpamanya, di RAB hitungan dipukul rata dengan koefisien yang sama, namun di dalam proses belum pasti 20 m3 itu cost sama, dapat bermacam, karna pengecoran di leve 0 hingga 3 mtr. umpamanya kita cuma perlu sedikit alat bantu namun saat diposisi 3 mtr. lebih atau di kedalaman kian lebih 5 mtr. pasti kita perlu alat bantu seperti crane, molen atau semen ready mix. 

Pada dasarnya hati-hatilah mengkalkulasi RAB untuk penawaran serta RAP untuk proses bila ketukar, siap-siap saja tidak untung dalam proses pembangunan proyek itu. Seorang yang telah umum melakukan pembanguan proyek seperti site manager, supervisor atau mandor lebih tahu cost itu di banding dengan engineer atau pimpinan proyek yang cuma diam duduk manis dikantor, pengetahuan tehnik bukan hanya bicara tiori yang pada akhirnya tidak dipraktekkan, janganlah bebankan satu proses proyek dengan biaya RAB yang dipangkas terlebih dulu. 

Site manager serta supervisor pengalaman mesti mampu mengkalkulasi lagi dari gambar kerja serta RAP yang ada untuk bikin RAP itu, jadi untuk sarjana yang baru lulus sebaiknya tekuni langkah proses tiap-tiap item pekerjaan, karna makin lama proyek itu usai bakal makin bikin cost proyek jadi bertambah. Pastinya mengakibatkan keuntungan bakal makin menyusut bahkan juga dapat tidak untung. 


6. Pengalaman Pelaksanaan 
Untuk sarjana yang baru lulus sebaiknya bila skill serta ketrampilan belum dipunyai, tambah baik terjun dahulu kelapangan terlebih dulu, cermati langkah pemasangan bekisting, pengecoran, penyusunan tenaga kerja, dengan tahu langkah proses perlahan-lahan tekuni cost dari proses itu. Proses yang baik memastikan tingkat kesuksesan kita melakukan pekerjaan itu, contoh tidak lakukan pekerjaan 2 x. 
Bisa dicontohkan karna salah membaca gambar bikin pekerjaan dibongkar atau saat saat pengecoran tidak memerhatikan tidak tipis decking beton jarak pada pembesian dengan bekisiting, hingga saat sesudah usai coran, serta usia coran telah bisa di buka, besi tampak saat dibukan bekisiting, janganlah anggap sepele ini, sistem patching atau penambalan bakal memerlukan dana lebih. Jadi cermati proses yang benar. 

Demikian halnya saat coba membaca gambar, tambah baik diskusikan terlebih dulu dengan mandor atau pelaksana yang umum kerjakan, janganlah ambillah ketentuan sendiri bila sangsi, karna pekerjaan yang dikerjakan berkali-kali bakal menaikkan cost proses sedang di dalam RAP tak ada cost itu. 


Baiklah teman dekat pembaca cukup tulisan aku untuk skill serta ketrampilan yang dibutuhkan, mudah-mudahan apa yang aku tuliskan bisa berguna, minimum buka inspirasi serta ide baru pada pembaca.


lowongan teknik sipil bumn
lowongan kerja d3 teknik sipil 2016
lowongan kerja teknik sipil fresh graduate
lowongan pekerjaan jurusan teknik sipil
lowongan teknik sipil di bank
loker teknik sipil 2017
loker teknik sipil semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar