Rabu, 08 November 2017

Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur Organisasi Perusahaan - Perspektif yang berbeda mengenai masalah saling ketergantungan dapat dilihat dengan membandingkan model organik organisasi dengan model mekanistik. Struktur mekanistik tradisional dicirikan sangat kompleks karena penekanannya pada spesialisasi pekerjaan, penekanan yang sangat formal pada prosedur dan protokol yang pasti, dan otoritas dan akuntabilitas terpusat. Namun, terlepas dari kelebihan koordinasi dimana struktur ini hadir, hal itu dapat menghambat tugas yang saling tergantung. Sebaliknya, model organisasi organik relatif sederhana karena tidak menekankan spesialisasi pekerjaan, relatif informal, dan mendesentralisasikan wewenang. Proses pembuatan keputusan dan penetapan tujuan dibagi di semua tingkat, dan komunikasi idealnya mengalir lebih bebas ke seluruh organisasi.

Cara umum agar organisasi bisnis modern beralih ke model organik adalah dengan menerapkan berbagai jenis tim. Beberapa organisasi membentuk tim kerja mandiri sebagai kelompok produksi dasar. Contohnya termasuk sel produksi di perusahaan manufaktur atau tim layanan pelanggan di perusahaan asuransi. Di tingkat organisasi lainnya, tim lintas fungsi dapat dibentuk, baik secara ad hoc (misalnya, untuk pemecahan masalah) atau secara permanen sebagai sarana reguler dalam melakukan pekerjaan organisasi. Asosiasi Bantuan untuk Lutheran adalah organisasi asuransi besar yang telah mengadopsi pendekatan tim kerja mandiri. Bagian dari dorongan menuju model organik adalah kepercayaan bahwa struktur semacam ini lebih efektif untuk motivasi karyawan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah seperti memperluas cakupan pekerjaan, melibatkan pekerja dalam pemecahan masalah dan perencanaan, dan mendorong komunikasi terbuka membawa kepuasan kerja dan kinerja yang lebih baik.

Saturn Corporation, anak perusahaan General Motors (GM), menekankan organisasi horizontal. Ini dimulai dengan "selembar kertas bersih", dengan maksud untuk belajar dan memasukkan yang terbaik dalam praktik bisnis agar bisa menjadi pabrikan otomotif A.S. yang sukses. Struktur organisasi yang diadopsi digambarkan sebagai kumpulan lingkaran bersarang, bukan piramida. Di tengahnya adalah sel produksi yang diarahkan sendiri, disebut Work Unit. Tim ini membuat sebagian besar, jika tidak semua, keputusan yang hanya mempengaruhi anggota tim. Beberapa tim semacam itu membentuk lingkaran yang lebih luas yang disebut Modul Unit Kerja. Perwakilan dari masing-masing tim membentuk lingkaran keputusan modul, yang membuat keputusan yang mempengaruhi lebih dari satu tim atau modul lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar